Wednesday, October 13, 2010

Apakah Kecerdasan Buatan Itu?

Beberapa definisi Kecerdasan Buatan :
  • Kecerdasan buatan adalah cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan studi dan kreasi sistem komputer yang mempertunjukkan beberapa bentuk kecerdasan.
  • Sistem yang mempelajari konsep-konsep baru dan tugas-tugas.
  • Sistem yang dapat berpikir dan menarik kesimpulan yang berguna bagi dunia di sekitar kita.
  • Sistem yang dapat mengerti bahasa dan memahami pemandangan visual
  • Sistem yang melakukan tipe-tipe yang lain seperti prestasi yang membutuhkan kecerdasan manusia.
Menurut Aristoteles, pemahaman tentang pikiran merupakan dasar dari pengetahuan. Hal ini dihubungkan dengan logika berpikir yang menjadi cikal bakal adanya kecerdasan buatan.

Latar Belakang Kecerdasan Buatan :
  1. Adanya pemahaman bahwa dunia fisik dan pikiran itu terpisah, sehingga para ahli filsafat berkesimpulan bahwa struktur ide tentang dunia tidak perlu sama dengan struktur dari bentuk subyeknya. Hal ini menggaris bawahi dasar metodologi kecerdasan buatan bahwa proses mental memiliki eksistensi menurut hukumnya sendiri dan dapat dipelajari di dalam dan olehnya sendiri.
  2. Berawal dari pemahaman bahwa mental dan tubuh adalah terpisah maka para ahli filsafat berpendapat bahwa perlu ada sesuatu yang menghubungkan keduanya karena ada saling interaksi antara keduanya yang sangat vital bagi kecerdasan manusia. Sedangkan menurut studi kecerdasan buatan, tubuh dan pikiran tidak sama sekali terpisah . Hal ini dapat terlihat dari proses mental tersedia oleh sistem fisik seperti otak atau bahkan proses fisik dapat pula dibuat dalam bentuk karakteristik matematis.
Tujuan Utama dari kecerdasan buatan adalah membuat komputer untuk lebih berguna dan mengerti prinsip-prinsip yang memungkinkan untuk menjadi cerdas, serta megembangkan kerja sistem komputer yang bener-benar mampu melakukan tugas-tugas yang memerlukan kecerdasan tinggi. Prinsip-prinsip rersebut, penggunaan struktur data di dalam representasi ilmu pengetahuan, algoritma-algoritma yang diperlukan dalam penerapan ilmu pengetahuan, bahasa serta teknik-teknik pemrograman yang digunakan dalam implementasinya.

Contoh program berpikir :
program tebakan;
var
bil : integer;
begin
write('input bilangan :') readln(bil);
if bil = 3 then
writeln ('tebakan anda benar')
else
writeln('tebakan anda salah');
end

Dari contoh program diatas, bisa dilihat bahwa dalam program dimasukkan suatu variabel bilangan yang disimbolkan dengan bilangan dan syarat bilangan yang dimasukkan supaya benar adalah bilangan sama dengan 3, jika bilangan yang kita masukkan tidak sama dengan 3 maka tebakan kita salah. Dari sini, bisa disimpulkan  bahwa komputer diberikan program untuk berpikir dan mengenali informasi yang dmasukkan kepadanya.

Sumber : Buku Pengantar Kecerdasan Buatan, Andri Kristanto, Penerbit Graha Ilmu.

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright 2011. All Right Reserved by uchisharli's zone | Designed by Free Blogger Templates | Premium Wordpress Themes | Coupons Code | Free Icons